Senin, 04 November 2019

MAF'UL MUTHLAQ (MASHDAR)

Definisi maful muthlaq
Maf’ul muthlaq atau lebih dikenal dengan mashdar adalah isim yang dibaca nashab yang terbentuk dari fiil di depannya serta disebutkan bersama fiilnya sebagai penguat makna, penjelas sifat serta penjelas jumlah. Contoh:
سَجَدْتُ سُجُودًا                                                                    "aku benar-benar bersujud"    
نِمْتُ نَوْمًا عَمِيقًا                                                                    "aku tidur dengan nyenyak"
جَلَسْتُ الْجُلُوسَ                                                          "aku duduk dengan cara tersebut"
جَلَسْتُ جُلُوسَ الْعُلَمَاءِ                        "aku duduk seperti cara duduknya para ulama’
سَجَدْتُ سَجْدَةً                                                                          "aku bersujud satu kali"
سَجَدْتُ سَجْدَتَيْنِ                                                                        "aku bersujud dua kali"
سَجَدْتُ سَجْدَاتٍ                                                                   "aku bersujud berkali-kali"
Keterangan:
Coba perhatikan kata-kata yang diberi garis dalam contoh di atas, kata-kata tersebut adalah isim-isim yang dibaca nashab  yang dikenal dengan sebutan mashdar.
Dan coba kemudian kamu telusuri dari kata apakah mashdar-mashdar di atas terbentuk? Maka setelah kita telusuri lebih lanjut kita mendapati  bahwa mashdar tersebut terbentuk dari fiil yang ada di depannya yaitu (سَجَدَ  سُجُودًا ـ نِمْتُ نَوْمًا ـ جَلَسَ جُلُوسًا).
Kemudian coba kita amati contoh-contoh di atas dan kita bahas sedikit tentang makna dibalik kalimat tersebut maka kemudian kita dapat melihat bahwa mashdar-mashdar di atas dapat memberikan makna baru dalam suatu pembicaraan.
kata (سُجُودًا) dalam susunan kata (سَجَدْتُ سُجُودًا) dipakai untuk menegaskan bahwa si pembicara benar-benar bersujud serta meminta lawan bicaranya untuk tidak meragukan apa yang ia sampaikan.                       
Sementara kata (نَوْمًا عَمِيقًا) dalam susunan kata (نِمْتُ نَوْمًا عَمِيقًا), serta kata ( جُلُوسَ الْعُلَمَاءِ) dalam susunan kata (جَلَسْتُ جُلُوسَ الْعُلَمَاءِ) dipakai untuk menjelaskan sifat duduk dan tidurnya orang tersebut. tanpa keduanya mustahil seseorang  bisa mengetahui posisi duduk maupun tidurnya orang tersebut.
Sedangkan kata (سَجْدَةً), (سَجْدَتَيْنِ), serta kata (سَجْدَاتٍ) dalam susunan kalimat di atas dipakai untuk menerangkan banyaknya sujud yang ia lakukan, dan apabila ketiga kata tersebut dihilangkan maka seseorang tidak mungkin dapat mengetahui berapa kali ia bersujud apakah sekali, dua kali atau bahkan berkali-kali.
Berdasarkan uraian-uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa:
1.  Apabila maf'ul mutlaq-nya (mashdar) berdiri sendiri maka kata tersebut digunakan sebagai penguat makna (li ta’kidil fi’li). Contoh:
رَفَسْتُ رَفَسًا                                                                  "aku benar-benar menendang"  
2.  Apabila maf’ul muthlaq-nya (mashdar) diberi kata keterangan sifat (naat), mudhaf ilaih, atau diberi alif dan lam (ال) maka kata tersebut digunakan sebagai penjelas sifat (li bayaninnau’i) contoh:
رَفَسْتُ رَفَسًا شَدِيدًا                                     "aku menendang dengan tendangan keras"
رَفَسْتُ رَفَسَ الْمُصَارِعِ                                                  "aku menendang seperti pegulat"
رَفَسْتُ الرَّفَسَ                                                  "aku menendang dengan cara tersebut"
3.    Apabila maf’ul muthlaq-nya (mashdar) diubah ke dalam bentuk (فَعْلَةً) maka kata tersebut digunakan sebagai penjelas bilangan (li bayanil adadi). Contoh:
رَفَسْتُ رَفْسَةً                                                                          "aku menendang sekali"
رَفَسْتُ رَفْسَتَيْنِ                                                                    "aku menendang dua kali"
رَفَسْتُ رَفْسَاتٍ                                                              "aku menendang berkali-kali"
Isim-isim yang dapat dipakai sebagai pengganti mashdar
 dalam kitab jami’ al-durus al-arabiyah disebutkan bahwa ada beberapa macam isim yang dapat dipakai sebagai ganti dari mashdar dalam menjalankan fungsi serta kedudukannya sebagai maf’ul muthlaq, yaitu:
1.      Sinonimnya, seperti قَامَ زَيْدٌ وُقُوفًا  (aku benar-benar berdiri)
(kata وُقُوفًا  merupakan sinonim dari kata قِيَامًا )
2.   Mashdar yang tidak terbentuk dari fiil di depannya namun memiliki akar kata yang sama dengan fiil di depannya, seperti
وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا                    "dan alah telah membesarkanmu dengan baik"
 (kata نَبَاتًا tidak terbentuk dari kata أَنْبَتَهَا namun terbentuk dari fiil lain yang memiliki  persamaan akar kata dengan kata أَنْبَتَهَا yaitu kata نَبَتَ)
3.     Sifatnya, seperti يَعِيشُ الْمُسْلِمُونَ سَعِيدَةً  (orang-orang islam hidup bahagia)
Bentuk aslinya adalah  يَعِيشُ الْمُسْلِمُونَ عَيْشَةً سَعِيدَةً   namun setelah mashdarnya (عَيْشَةً) dihapus maka kata sifat yang terletak sesudahnya (سَعِيدَةً) menggantikan peran serta kedudukan mashdar di depannya sebagai maf’ul muthlaq.
4.      Kata yang menunjukkan kepada jumlahnya, seperti:
أُسَلِّمُ عَلَيْكَ ثَلاَثًا                      "aku mengucapkan salam kepadamu sebanyak tiga kali"
Bentuk aslinya adalah   أُسَلِّمُ عَلَيْكَ ثَلاَثَ تَسْلِيمَاتٍ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar